Selasa, 16 November 2010

Bondan & Fade To Black, Tanggung Jawab Lagu Religi

Bondan Prakoso dan grup rappernya, Fade To Black punya alasan tersendiri mengapa tidak ikut andil membuat karya religi. Menurut mereka, perlu pendalaman iman untuk membuat lagu religi. Sebab lirik dan musik yang sudah matang menjadi lagu tersebut merupakan syiar yang menyelipkan pesan moral. “Bagi kami, lagu itu doa dan syiar jadi apa yang kita bawakkan dan lantunkan akan kembali ke kita. Jadi semuanya akan butuh pertanggung jawaban,” papar Bondan beberapa waktu lalu dikawasan Jakarta.

Tidak hanya soal pertanggungjawaban lagu pada prilaku dan sikap mereka, Bondan & Fade To Black juga menilai bahwa lagu religi jangan dimanfaatkan sebagai ajang memenuhi pundi-pundi uang saja. Ditambahkan pula, lagu religi itu seharusnya tidak menomersatukan sisi komersil. “Bikin lagu religi itu bukan hanya mengejar segi komersil saja, tapi juga butuh pembenaran mental yang baik,” pungkasnya.
Untuk tetap bisa menyelipkan nilai moral dan pesan yang baik pada pendengar lagu mereka, Bondan dan ketiga kawannya itu punya cara sendiri untuk menyiasatinya. “Nggak perlu dengan lagu religi tapi kalau dalam lagunya ada pesan moral yang baik dan positif itu juga sudah cukup untuk kita,” papar Bondan. (timSWC/hnn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar